Jumat, 15 Agustus 2014

Wisata Kuliner Menikmati Gudeg Khas Jogja

Wisata Kuliner Menikmati Gudeg Khas Jogja .Kota Jogjakarta, Kota penuh pesona dan kental akan budaya Jawanya. Kota yang ramai namun juga memiliki keramah tamahan yang tinggi dibanding dengan kota-kota besar lainnya. Kota Jogjakarta tidaklah begitu besar dari segi wilayah. Namun dikota ini tidak kalah ramai dengan kota besar lainnya di Indonesia. Jogjakarta bisa dibilang sebagai Kota Pelajar, yupz, ratusan bahkan ribuan kampus tempat menuntut ilmu berada disini sehingga anak-anak terbaik dari seluruh Indonesia berkumpul disini. Ini adalah sekilas mengenai Kota Jogjakarta yang mempunyai julukan Never Ending Asia.


“Wisata-Kuliner-Menikmati-Gudeg-Khas-Jogja”



Berbicara mengenai Jogjakarta selain dari Kraton Ngayogyakarta, Kota jogjakarta juga terkenal dengan wisata kulinernya. Aneka ragam makanan berada disini, namun yang paling terkenal kuliner di Jogjakarta adalah Gudeg Jogjanya. Gudeg ini merupakan salah satu makanan khas kerajaan Jogjakarta. Namun Anda yang berwisata ke Jogjakarta ingin mencicipi Gudeg khas jogja, hanya ada satu tempat yang tepat untuk berwisata kuliner menikmati gudeg khas Jogja yaitu di kampung Wijilan. Kampung wijilan terletak masih dilingkungan kraton Ngayogyakarta yang merupakan sentra gudeg sehingga gudeg jogja juga dikenal sebagai gudeg wijilan.

Bahan makanan gudeg berasal dari buah nangka yang masih muda (Gori). Selain dari bahan nagka muda juga bisa dibuat dari rebung (anak bambu) dan pondoh kelapa (manggar). Rasanya juga kemanis-manisan dan gurih, Jika anda dari bandung, mungkin akan merasakan sedikit aneh dengan rasanya, karena orang Bandung biasanya masakannya tidak terlalu manis. Namun kalau anda sudah merasakan Gudeg Jogja, maka anda akan ketagihan.


“Wisata-Kuliner-Menikmati-Gudeg-Khas-Jogja”



Makanan pedamping gudeng juga tersedia, seperti telur, tempe bacem, sambel krecek serta ayam kampung. Penyajian nasi Gudeg dengan menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat yang dilapisi daun pisang. Jika anda wisatawan dari luar jogja anda bisa membawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh, namun pilih gudeg kering karena mempunyai daya tahan sampai 3 hari.

Anda kalau ke Jogjakarta wajib mengunjungi kampung wijilan untuk menikmati Gudeg, letak Kampung wijilan tidaklah jauh dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Malioboro, Sebelah timur Alun-alun utara Yogyakarta. Waktu yang tepat menikmati gudeng jogja adalah malam hari.Suasana ramai pasti akan anda temui. Bisa jadi anda harus ngantri dulu. Dikampung wijilan ini banyak warung yang menyediakan gudeg, anda tinggal pilih saja dimana yang kira-kira enak tempatnya menurut anda.

Harga seporsi gudeg jogja disesuaikan dengan lauk yang anda nikmati. 1 Porsi Gudeg saja harganya Rp.7000. Namun tersedia juga gudeg dengan berbagai paket lengkap. 1 paket besek berkisar Rp.25.000- Rp.50.000. sedangkan pake Kendhil antara Rp.60.000-Rp.140.000.

Yuk, Liburan ke Jogjakarta sambil beburu Gudeg Jogja.

Kunjungi wisata Pantai Losari Makassar juga ya.. :-)

Jika Informasi ini bermanfaat, Klik tombol facebook share sama Tweets nya juga ya..:-)

Wisata Kuliner Menikmati Gudeg Khas Jogja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments:

  1. Halo Admin http://wisata234.blogspot.com,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://wisata234.blogspot.com,
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
    Dan kami akan menampilkan link http://wisata234.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/icip-icip, sesuai dengan Travel & Kuliner. Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)smile
    Salam,

    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    BalasHapus
  2. gudegnya bikin laper. tolooong. lapeeer

    BalasHapus